Menu

Bus Pariwisata Gratis // Keliling Kota Jakarta

August 09 2016

Pernah berwisata keliling Jakarta? Wah, mungkin itu sudah biasa. Bagaimana kalau berwisata keliling Jakarta dengan menggunakan bus wisata? Kamu harus mencoba wisata sehari di Jakarta menggunakan bus yang satu ini! Yuk, simak ulasannya!.
Apa sih bus wisata itu?

Bus wisata, atau lebih dikenal dengan nama ‘Mpok Siti,’ merupakan fasilitas publik berupa bus tingkat. Bus ini disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk berwisata secara gratis melewati tempat-tempat khas yang menjadi simbol Kota Jakarta.

Sebenarnya bus tingkat sudah pernah ada di Jakarta sebelumnya, namun fungsinya bukanlah sebagai bus wisata, melainkan sebagai angkutan umum. Tahun 2014, tepatnya bulan Februari, bus tingkat ini dioperasikan kembali dan hadir dengan kondisi yang lebih menarik, namun fungsinya khusus untuk wisata keliling Jakarta saja.

Bus-Tingkat-City-Tour-Wisata-Keliling-Jakarta-4Pada waktu awal dioperasikan, bus tingkat ini dilengkapi dengan pemandu wisata yang menambah kenyamanan dalam berwisata, namun tahun ini sudah tidak ada lagi. Akan tetapi jangan khawatir, kenyamanan yang didapatkan tidak akan berkurang. Apalagi tahun ini jumlah bus wisata ditambah, jadi kamu tidak perlu khawatir akan menunggu terlalu lama. Bus baru ini sedikit berbeda dari hal warnanya, karena merupakan sumbangan dari perusahaan Coca-Cola. Jadi warnanya pun merah.

Pastikan kamu memilih tempat yang tepat agar dapat melihat pemandangan yang bagus. Banyak orang yang merekomendasikan tempat duduk paling depan, sebagai tempat yang paling pas untuk menikmati pemandangan.
Bagaimana caranya kalau kamu ingin naik bus tingkat ini?
Jangan khawatir! Jika kamu ingin mencoba bus ini, cukup menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan bertuliskan city tour. Halte-halte tersebut dapat kamu jumpai di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah.

Bus-Tingkat-City-Tour-Wisata-Keliling-Jakarta-3Bagaimana dengan waktunya? Tahun lalu, bus tingkat ini beroperasi pukul 09.00 – 19.00 pada hari Senin – Sabtu, dan pukul 12.00 – 19.00 pada hari Minggu. Akan tetapi sejak diberlakukan aturan kendaraan roda 2 dilarang masuk jalur protokol (termasuk Jl. M.H. Thamrin yang menjadi rute bus wisata) pada hari kerja, bus tingkat ini beralih fungsi menjadi bus feeder bagi para pengendara motor yang ingin menuju ke jalur protokol tersebut.

Pada akhir pekan, barulah bus ini kembali ke fungsi awalnya, yaitu sebagai bus wisata. Oh ya, karena jumlah kursi yang ada di dalam bus ini terbatas dan tidak diizinkan berdiri, jadi untuk kamu yang tidak ingin mengantre terlalu lama, hindarilah naik di halte yang ramai, seperti halte Monumen Nasional (Monas).
Rute mana saja yang dilewati bus tingkat?
Bus tingkat tidak berhenti di sembarang tempat. Karena itu kamu harus mengetahui rute-rute yang dilalui bus ini. Berikut ada dua rute yang dilewati bus wisata ini:
Rute 1: Hari Senin – Jumat (9 halte)
Halte Bundaran (HI) Hotel Indonesia – Halte Museum Nasional – Halte Pecenongan – Halte Pasar Baru – Halte Masjid Istiqlal – Halte Monas 1 – Halte Monas 2 – Halte Balai Kota – Halte Sarinah.
Rute 2: Hari Sabtu – Minggu (5 halte)
Halte Bundaran (HI) Hotel Indonesia – Halte Museum Nasional – Halte GKJ Sarinah – Halte Masjid Istiqlal (Monas 1), Halte Balai Kota (Monas 2).

 

 

Write a Reply or Comment